Sabtu, 26 Oktober 2013

Tips Anti galau ala @_compeng

 1. Jangan galau sebelum senyum
           
Ternyata sebuah senyuman dapat mempengaruhi Zat kimia pada otak yang dapat memberikan kesenangan & meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi saat mulai terjangkiti perasaan galau, cobalah tarik nafas dalam-dalam kemudian hembuskan dan setelah itu senyum. Meskipun belum tulus, namun tetap lengkungkan pipi hingga perasaan agak tenang ! #YukKeepSmile

2. Beribadah, curhat dengan pencipta lewat doa.
           
Setiap manusia diberi ujian sesuai dengan kemampuan. Apabila merasa terlalu berat, coba sampaikan ke Sang Pencipta melalui ibadah dan doa. Ingat, permasalahan merupakan sebuah ujian untuk kenaikan harga diri. Ibadah merupakan kegiatan yang sakral dan terkadang setiap orang menemukan sebuah ketenangan batin seusai kita beribadah. Kalau galau ingat sang pencipta !

3. Listen a good song, Sing a right song and make a dance !
           
Mulailah mendengarkan atau bahkan menyanyikan lagu - lagu yang berpengaruh dengan perasaan yang anda rasakan. Biasanya sebuah lagu yg di dengarkan memiliki tempo yang lambat. Bernyanyilah sejenak, namun jangan terlau lama dan larut dalam lagu bertempo lambat tersebut. Usahakan tempo lagu yang didengarkan meningkat dari lagu pelan kemudian lagu yang sedikit cepat & lakukan gerakan. Dengan sebuah gerakan sederhana, dapat memicu jantung anda untuk berdetak kencang, dan pada saat detakan kencang itu terkadang melahirkan semangat.

4. Hapus beban pikiran dengan membaca.
           
Banyak pikiran terkadang mempengaruhi perasaan .Membaca adalah salah satu cara untuk mengosongkan pikiran dengan cepat, kemudian larut kedalam apa yang kita baca. Membaca membuat kita sejenak dapat lupa terhadap segala beban pikiran.Meskipun awalnya pikiran-pikiran yang terlintas di dalam otak kita membuat konsentrasi membaca terganggu, namun tetap usahakan untuk fokus. Bacalah bacaan yang dapat memberikan isnpirasi, terlebih bacaan yang memiliki alur cerita sehingga kita dapat terbawa dalam suasana yang disajikan oleh buku tersebut.

5. Ungkapkan masalah tapi jangan tuliskan ke media sosial!

            Memang terkadang masalah atau beban pikiran tidak baik disimpan berlama-lama. Setiap orang butuh untuk mengungkapkan  apa yang menjadi beban pikiran, namun usahakan jangan mengeluarkan beban pikiran secara tertulis, karena dengan menulis dapat meninggalkan jejak-jejak kesedihan. Menulis dibolehkan apabila beban pikiran yang di ungkapkan dapat/ sudah menemukan solusi dari alur permasalahan yang dihadai. kedua, menulis dibolehkan apabila tulisan tentang apa yang kita pikirkan adalah catatan pribadi ataukah apa yang dituliskan akan dibuang. Cara terbaik adalah mengungkapkan dengan bercerita kepada orang terdekat. Teman dekat terkadang bisa mengerti atau bahkan bercerita kepada orang tua sebagai diskusi untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan yang kita hadapi. Intinya, jangan terbiasa menuliskan kegalauan untuk dibagikan ke orang lain. Ingat, terkadang perasaan orang lain bisa terpengaruh dari apa yang mereka baca.

6. Move On !
           
Move on bukan hanya bergerak maju keluar dari masalah, tetapi move (bergerak ) keluar atau berpindah tempat. Apabila perasaan sedang galau, usahakan jangan mengurung diri dalam kamar dan berteman dengan sepi. Berpindah tempat, keluar atau sekedar mencari keramaian dapat membantu menenangkan pikiran. Terkadang galau berteman akarab dengan kesepian, jadi jangan bersepi-sepi ria. Keluar, lihat dunia, dan temukan keramaian meskipun hanya berupa kumpulan bintang-bintang, pohon yang rimbun, ombak yang menggulung atau berada di tengah-tengah kehangatan teman & keluarga.

7. Olah raga, rutinitas yang dapat mempengaruhi pola pikir dan kejiwaan kita.
           
Olah raga secara rutin memang dapat memberi pengaruh yang baik. "Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat". Olah raga dapat membentuk pribadi kita menjadi pribadi yang percayadiri. Olahraga juga secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan pola pikir sehingga dalam menghadapi masalah kita dapat menemukan jalan keluar atas permasalahaan dengan tepat.

Jangan mengeluh, jangan meng-galau. Ingat " Heaven is dead when You get sad !" ,  Audio Slave - Heavens Dead,  so " Don't Worry, be happy !" , Bob Marley - Don't Worry

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar