Rabu, 22 Juli 2009

Ose Tara Lia now become AUSTRALIA

Australia, sebuah negara benua di sebelah selatan dunia, yang dulunya merupakan negara pembuangan narapidana kelas kakap dari Eropa.


Pengunaan nama 'Australia' dipengaruhi oleh bahasa Ambon. Dalam sebuah cerita plesetan masyarakat (yang belum dikaji kebenarannya), cukup rasional apabila kata Autralia itu berasal dari bahasa Ambon "O se tara liha!" artinya o, saya tidak lihat!.

Alkisah, Seorang pelaut dari Inggris yang diperintahkan oleh Raja Inggris untuk pergi mencari daerah - daerah baru di dunia untuk dijadikan koloni Inggris. Dia melakukan rute perjalanan ke arah selatan, dari eropa berlayar ke Jepang, melewati selat Taiwan, menuju malaka, kemudian melanjutkan pelayaran menuju Maluku kota bandar rempah- rempah indonesia. Di Maluku, Pelaut tadi melakukan Perekrutan nahkoda, di pilihlah pemuda - pemuda Maluku untuk dijadikan anak buah. Setelah bongkar muat, membeli rempah- rempah dan melakukan perekrutan, pelaut tadi melakukan pelayaran ke selatan, melewati kepulauan Timor.

Dalam perjalanannya menuju dunia baru di selatan, kapal pelaut itu di terjang badai dan terombang - ambing di lautan hingga kemudian mereka terdampar di sebuah delta di sekitar laut Timor. Mendaratlah sang pelaut tersebut dan sambil menunggu kapalnya siap berangkat kembali, sang pelaut yang memang berpostur tinggi itu memakai teropongnya melihat−lihat ke arah daratan nun jauh disana yang disebut australia itu. Lalu sang pelaut bertanya pada 'tour guide' nya, seorang ambon penduduk lokal tentu saja, apakah dia tahu apa nama daratan yang dilihatnya melalui teropong tsb.
pelaut : "What's the name of that big island over there ?"

Tentu saja kawan kita orang ambon ini yang secara fisik kalah tinggi dari si bule tidak dapat melihat apa yang dimaksud si bule dan lalu menjawab si bule dalam bahasa lokal "O se tara liha!" (o, saya tidak lihat!).


Si bule yang merasa kurang jelas mendengarnya bertanya lagi "Sorry, what did you say ?"

Si orang ambon pun menjawab lagi " O se tara lia"
Si bule: "Australia you said ? are you sure ?"
Si ambon : "yes sir, yes sir .... se tara lia"

Lalu si bule pun menyahut "Okay, now i understand that big continent over there is named Australia".

Rupanya kalimat "o se tara lia" nya orang ambon tersebut terdengar sebagai "australia" di kuping sibule inggris itu. kedengarannya agak lucu, tapi cukup masuk di akal, mungkin saja benar namun tidak ada kajian mendalam serta bukti sejarah yang dapat membuktikannya.

Untuk penjelasan lebih lanjut tentang AUSTRALIA silahkan klik di sini. Sejarah lain tentang penemuan Australia di jelaskan pula pada link ini.Silahkan klik juga


3 komentar:

  1. makkala'..z mow tanya.qt tw sapa namanya ituw orang ambon?hehehe

    BalasHapus
  2. Sederhana namun cukup menghibur =D

    saya juga mau tau namax itu org Ambon. Salamku nah !! :P

    ^iinkamheela^^

    BalasHapus
  3. hehe,,, itu orang ambon biasa di pangil "nyong".. klo nama aslinya tidak di ta.. blm ada kajian mendalam ttg riwayat ini..

    BalasHapus