Selasa, 21 Juli 2009

Sejarah Telepon

Jika di tanya mengenai " Siapa Penemu Telepon? " , maka hampir setiap orang akan menjawab Alexander Graham Bell-Lah penemu Telepon. Namun pada tanggal 11 Juni 2002 di kongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon. DPR AS mengatakan, "Kahidupan dan prestasi Meucci seharusnya dihargai, dan karyanya dalam penemuan telepon seharusnya di akui ". Dari sekian lama sejarah telepon d hiasi oleh nama Alexander Graham bell, kini tonggak sejarah pun berubah.


Tahun 1850, Meucci tiba di Amerika untuk pertama kali, dan pada 1860 Meucci untuk pertama kalinya mengenalkan sebuah peralatan listrik yang dinamainya teletrofono. Dia mengajuka caveat (semacam paten pengganti sementara) pada tahun 1871, limatahun sebelum pengajuan paten telepon atas nama Graham Bell. Pada tahun 1850 pula, Meucci jatuh sakit terkena luka bakar yang serius akibat meledaknya kapal feri "Staten Island".Dikarenakan ia sakit keras dan perekonomian yang sulit, istrinya terpaksa menjual beberapa alat-alat ciptaannya hanya seharga enam dolar untuk biaya pengobatan. Karena hidupnya yang serba kekurangan, dia gagal memperpanjang caveatnya pada tahun 1874.

Pada tahun 1876, Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Setelah Meucci mengetahuinya, ia memanggil seorang pengacara untuk memprotes pada Kantor Paten Amerika Serikat di Washington. Meucci mengirimkan gambar sketsa dan model asli peralatannya ke Lab Western Union. Namun dengan kebetulan yang sangat luar biasa, Bell bekerja di Lab yang sama, dan semua sketsa milik Meucci pun raib secara misterius. Meucci mengalami kekalahan untuk kasus ini. Setelah adanya permusuhan antara Alexander Graham Bell dengan Western Union baru terungkap bahwa Bell sebelumnya telah menyetujui membayar duapuluh persen keuntungan komersil atas "penemuannya" selama 17 tahun kepada Western Union.

Pada tahun 1889 tepatnya tanggal 18 Oktober 1889., Meucci meninggal dunia pada saat kasus perebutan paten atas penemuannya masih berjalan. Akibatnya Bell lah yang mendaptkan paten atasa telepon.

Lebih dari seabad dan di seluruh penjuru dunia, Alexander Graham Bell dikenal sebagai penemu telepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar